BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

Rabu, 18 November 2009

SISTEM GROUNDING (1)

Mengapa grounding diperlukan ?

Banyak pengguna radio mengabaikan betapa pentingnya grounding, yang penting bisa ngebrik gak perlulah grounding ( wong memang kenyataannya.... tanpa grounding juga tetap bisa transmit en monitor...... betul juga ya?). Sebagai seorang pengguna radio transciever pendapat ini adalah salah, anda dapat bayangkan gimana kejadiannya kalau antena anda yang tinggi kesamber petir (apa yang terjadi....?), atau terjadi hubungan pendek arus listrik pada peralatan tranciever atau peralatan pendukung lainnya (apa yang terjadi......?), kemudian tahukah anda pada saat anda memancar ada radiasi RF yang pada tingkat tertentu dapat membahayakan keselamatan dan perangkat transciever anda.

Dari banyak literatur yang saya baca (jadinya saya nggak ngarang nih) didapat suatu kesimpulan bahwa GROUNDING dibutuhkan untuk : KESELAMATAN, keselamatan siapa? keselamatan pengguna transciever, transciever itu sendiri dan untuk kenyamanan berkomunikasi (kenyamanan tetangga juga lho.. ingat TV interferen yang timbul pada saat anda on air di allband). 

Tipe grounding :
Secara umum ada 2 tipe grounding :
  • Safety Grounding (Electric/lihgtning Grounding).
  • RF Grounding.
Saya akan mencoba membahasnya satu persatu (banyak literatur/tulisan yang saya baca untuk bisa menuangkannya dalam tulisan ini).

Bersambung...............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar