BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

Jumat, 16 Oktober 2009

DESAIN STASIUN

Desain stasiun ternyata memang gampang-gampang sulit apalagi dengan keterbatasan space yang tersedia dirumah kita.

Beberapa hal yg harus dipikirkan apabila anda berniat mendesain stasiun :
  1. Penempatan Stasiun
  2. Material Yang Dipergunakan 
  3. Hal-hal lain.
Penempatan Stasiun :
Penempatan stasiun sangat tergantung atas ketersediaan ruangan dirumah anda. Sebaiknya anda memiliki ruangan tersendiri untuk stasiun anda (sebaiknya). Namun dalam kenyataannya tidak semua orang memiliki ruangan yang bisa dipergunakan khusus untuk stasiun terutama yang menempati rumah yang memiliki keterbatasan ruangan seperti Rumah type RS/RSS (termasuk rumah saya sendiri lho...).

Disamping itu perlu juga dipikirkan jumlah peralatan yang kita pergunakan, kalau kita cuma memiliki 1 unit perangkat rig kita tidak perlu memiliki ruangan atau tempat tersendiri bercuap-cuap, cukup ditaruh diatas meja persoalan selesai. Namun tidak demikian halnya bagi teman-teman yang memiliki seabrek perlengkapan. Untuk teman-teman yang seperti ini memang perlu memiliki space tersendiri untuk menempatkan peralatannya.

Nah.. bagi teman-teman yang memiliki banyak peralatan ada beberapa alternatif :
  • Ditempatkan pada sisi ruangan
  • Ditempatkan pada sudut ruangan
Dari kedua alternatif tersebut, alternatif kedua sepertinya lebih baik (disudut ruangan) karena lebih ergonomis (lihat gambar beberapa stasiun dibawah) dan  membutuhkan space yang lebih sedikit dibandingkan anda menempatkan pada sisi ruangan anda.
Dengan memilih sudut ruangan sebagai tempat stasiun anda, anda akan lebih mudah menjangkau peralatan yang anda pergunakan.

Material Yang Dipergunakan :
Dalam memilih material yg dipergunakan ada beberapa alternatif : 
  • Tetap 
  • Lepas Pasang
Tetap :
Anda dapat mempergunakan jasa tukang untuk membuat meja, rak dari bahan kayu sesuai dengan selera anda. Tapi jangan lupa ukurannya harus sesuai dengan kebutuhan anda dan sehemat mungkin biayanya.

Lepas Pasang :
Material lepas pasang ini banyak dijual ditoko bahan bangunan atau toko khusus yang menjual rak atau lemari dari bahan alumunium/besi.

Stasiun yang dibangun lepas pasang ini sangat hemat biaya karena anda dapat membuatnya sendiri tanpa perlu bantuan tukang dan anda juga dapat menyesuaikan dengan peralatan yang anda miliki dan sangat mudah mengembangkannya.

Hal-hal lain :

Disamping pemilihan tempat dan material yang dipergunakan ada hal lain yang perlu anda pertimbangkan, yaitu penempatan kabel.
Penempatan kabel harus anda perhitungkan pada waktu membangun tempat stasiun anda, usahakan kabel kabel tidak terlihat karena akan mengganggu sekali (tidak enak dipandang). Untuk yang membangun dengan menggunakan jasa tukang hal ini mudah diatasi, kita tinggal minta kepada tukang agar bagian belakang dibuat tertutup (jadi tidak kelihatan kabel yang berseliweran) tentu anda sendiri yang akan menentukan desainnya.
Kesulitan terjadi apabila kita menggunakan sistim lepas pasang yang dipasang pada dinding ruangan mau tidak mau kabel akan kelihatan. Bagi yang menggunakan rak siku anda dapat mengatasinya dengan memasang multiple board dibagian belakangnya.

STASIUN JZ06AOG/YD4IDY


STASIUN RADIO W3RXO

STASIUN R2RJO
Lay out stasiun sepertinya layak di contoh dari sisi kerapiannya


Stasiun milik R2RJO ini sepertinya patut dicontoh. Penempatan meja disudut dengan bentuk bundar disisi dalam ditambah penempatan peralatan yang ditempatkan dalam casing kayu dengan warna natural dan dapat digeser untuk transciever dan asesorisnya terlihat indah dipandang. Sayang ada beberapa peralatan yang belum ditempatkan dengan baik.

Perlu dicontoh juga nih........ apa salahnya untuk dicontoh.... dan ... disempurnakan...

STASIUN W0ZD

Stasiun milik W0ZD ini diletakkan disisi ruangan. Peralatan diletakkan diatas meja dalam boks/rak kayu.

STASIUN WO4DX

Stasiun milik WO4DX ini menggunakan rak susun yang ditempel ke sisi ruangan.

STASIUN YD1XL - JZ30RBO
Stasiun milik Didi Tatto ini juga ditempat disalah satu sudut ruangan  didekat  jendela dan pintu masuk/keluar (saya gak tau apakah pintu tersebut menuju keruang  terbuka ataukah tidak, belum ngeliat sih), kalau memang pintu tersebut mengakses ke ruang terbuka memang akan menjadi lebih baik, gak bagus lho buat kesehatan kalo stasiunmu tidak memiliki sirkulasi udara yang baik apalagi si Henry atow discovery yang dipake ada radiasi RF nya walaupun kecil.
Space yang luas dari stasiun milik YD1XL ini memungkinkan sipemilik stasiun ngebrik sambil berdiri (sambil teriak2 kalo lagi mentungin stasiun lain), tentunya perangkat audio pendukung yang dimiliki stasiun YD1XL ini memang membutuhkan space yang memadai...... ( di komen dong Di dasar pemikiran lo bikin studio kayak gini ). Roda pada kaki pendukung peralatan audio memungkinkan pengguna untuk menggeser gesernya sesuai kebutuhan (sebuah ide yang cemerlang).
Kerapian dan rasa nyaman sepertinya menjadi perhatian si pemilik stasiun, karena posisi stasiun yang memungkinkan sipemilik bergerak bebas dan tidak terlihatnya kabel yang berseliweran.
Perlu diingat bahwa kabel yang tertutup memang sedikit membuat repot apabila perangkat rakom dan pendukungnya bermasalah atau jika ada penggantian/penambahan peralatan.

Kalau saja JZ30RBO mau sedikit aja berbenah, PSUnya dirapiin lagi aja ya...pasti lebih enak dipandang.

DARI BEBERAPA LAYOUT STASIUN DIATAS ANDA DAPAT MEMILIH SESUAI DENGAN KEBUTUHAN,KETERSEDIAAN RUANGAN DAN JUMLAH PERLATAN YANG ANDA MILIKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar