BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

Selasa, 27 Oktober 2009

RF GATEWAY

Kemajuan tehnologi informasi saat ini memang luar biasa, semuanya real time, hampir seluruh aktivitas saat ini membutuhkan tehnologi informasi yang canggih seperti yang terjadi didalam dunia perbankan, dimana transasksi tidak hanya dilakukan di konter tapi juga dapat dilakukan melalui handphone, internet (internet banking, sms banking), anda tidak perlu repot-repot datang ke bank hanya untuk melihat saldo, mengirim uang, cukup dengan hanya menekan keypad HP atau komputer anda (tentunya anda harus melakukan registrasi dulu dengan bank anda untuk bisa bertransaksi melalui media tersebut). 

Bagaimana halnya dengan pengguna komunikasi menggunakan perangkat radio (HT,Rig) ? 
dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di penyelenggara internet (secara teknis saya gak bisa menjelaskan...) yang dikenal dengan aplikasi RF Gateway.Ternyata berkomunikasi dengan sesama pengguna radio komunikasi dengan menggunakan ht/rig terimbas juga dengan kemajuan tehnologi informasi. Teman-teman kita diluar negeri mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman diseluruh belahan dunia 

Apa sih keunggulannya?
  • Bagi anda yang cuma punya HT, anda dapat berkomunikasi kemana saja tanpa membutuhkan power yang besar untuk transmit sepanjang ditempat anda ada stasiun pendukung (ntar kita bahas lebih lanjut). Jadi ngapain mau beli power amplifier/booster yang harganya mahal.....
  • Bagi anda yang mempunyai komputer, tanpa membeli HT/Rig anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman lain yang mempergunakan fasilitas RF Gateway dimana saja dibelahan dunia ini, dengan syarat anda harus terhubung dengan penyelenggara internet (telkomnet, telkomsel, Pro XL dsbnya)
  • Bagi anda yang memiliki HT/Rig, anda dapat berbagi fasilitas yang anda miliki (yang sudah terhubung dengan RF gateway) kepada pengguna radio komunikasi lainnya dimana anda bertindak sebagai stasiun penerima/pemancar (RF Gateway Link), tentu dengan tambahan peralatan interface (ntar dibahas lebih lanjut).
Kesimpulannya, kita dapat berkomunikasi jarak jauh, dengan memanfaatkan peralatan yang minim yang tersedia pada kita......................LOW COST....... gak perlu beli booster, gak perlu beli HT/rig jika kita punya komputer yang terhubung dengan penyelenggara internet, gak perlu bayar pulsa kecuali bayar biaya langganan internet.

BAGAIMANA MEMBANGUN SEBUAH RF GATEWAY ? 
Banyak artikel tentang RF Gateway sebagai sumber bacaan bagi anda yang ingin mempergunakan RF Gateway sebagai sarana komunikasi, salah satu sumber referensi yang patut anda baca adalah tulisan Srdr. Deny (JZ04EPW) di situs http://www.mawarbiru.net Referensi ini sangat lengkap untuk menuntun anda membangun sebuah RF Gateway.

Selamat mencoba........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar