BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

Senin, 10 Oktober 2011

MERAKIT REPEATER/RPU

MEMBANGUN SENDIRI REPEATER/RPU

Setelah sedikit bosan bermain di RF Gateway, saya mencoba merakit radio pancar ulang (repeater) sendiri untuk memenuhi hobby dan memanfaatkan waktu libur kerja di hari sabtu dan minggu. Saya menginginkan perangkat repeater yang dengan mudah dipindah tempatnya untuk memenuhi kegiatan-kegiatan/event tertentu.
Setelah memikirkan bentuk yang saya inginkan akhirnya saya membeli :
  1. Box amplifier.
  2. Modul Repeater Control BJ65CD-V7T.
  3. 2 unit motorola GM-338 VHF bekas.
  4. Power Supply AEC 30 Ampere baru.
Pilihan saya jatuh pada transciever GM-338 karena radio ini memang tangguh dan banyak dipergunakan untuk perusahaan. Sedangkan untuk casing sengaja saya pilih box untuk amplifier karena bagian belakang lumayan lengkap lubang-lubang konektornya dan ada lobang untuk kipas pendingin yang lumayan besar ukurannya.
Proses pertama adalah dengan mempersiapkan box yang akan menjadi casing repeater, saya menginginkan bagian depan transciever tetap terlihat, untuk itu saya harus melubangi bagian depan box (pekerjaan ini sedikit sulit karena bentuk GM-338 yang oval. 
Untuk mendapatkan lobang yang sesuai kita harus membuat patron dengan cara melepaskan bagian muka GM-338 kemudian bagian muka tersebut dipergunakan untuk membuat patron di box amplifier. Setelah dipatron baru kemudian membuat lubang tersebut.
Langkah kedua, setelah GM-338 bisa masuk dilubang tersebut buat dudukan untuk rig tersebut. Coba anda lihat di gambar diatas bahwa ruang yang ada cukup besar untuk mendapatkan hembusan udara dari kipas pendingin.


Langkah ketiga, ruang yang tersisa saya pergunakan untuk menempatkan sebuah power supply 30 amper dibelakang bagian casing. Untuk menempatkan sebuah power supply 30 amper saya harus membongkar habis power supply dan menyusun ulang penempatan trafo, rangkaian dan level meter untuk voltase dan ampere.

Power Supply terpasang
Langkah keempat, untuk tampilan lebih bagus saya mengecat ulang cover depan casing. Juga sudah disiapkan tempat led TX/RX dan led modul kontrol repeater. Untuk mempermuda melihat tegangan power supply level meter tegangan dan amper saya taruh didepan. Keren euy......



Langkah kelima, adalah pemasangan modul kontrol repeater, pemasangan level meter voltase dan ampere.






Tampak depan setelah jadi


Bagian belakang .....................
SELURUH BAGIAN TELAH TERPASANG

BLOK POWER SUPLAI
BAGIAN BELAKANG

RPU DI UJI COBA......... SIP HASILNYA...


Mudah-mudahan bermanfaat.................... Tks.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar