BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

-

-

Jumat, 04 Juni 2010

PANDUAN INSTALASI DAN PENGGUNAAN INTERFACE GW LINK

Courtesy : JZ09EPW (Deny Hidayat)
 SETTING INTERFACE GATEWAY LINK

Penulis mendapatkan beberapa pertanyaan dari pengguna interface gateway link yang pertama kali menggunakan interface baik yang dibikin sendiri maupun yang dibikinkan oleh orang lain dan penulis juga mempunyai pengalaman menarik pada waktu pertama kali menggunakan interface GW Link.

Kelemahan paling mendasar sebenarnya adalah minimnya pengetahuan pengguna pada waktu menginstal dan menset interface termasuk juga program aplikasi GW Link dan tidak berusahanya pengguna untuk mencari dan membaca literature mengenai Gateway. Kita lupakan semua kelemahan kita tersebut, mari kita ikuti langkah-langkah menginstal dan menset Gateway Link :

LANGKAH PERTAMA (I)

SETTING TRANSCIEVER (RADIO KOMUNIKASI)
  1. Hidupkan transciever.
  2. Atur Squelch sampai hilang bunyi desis (di beberapa tranciever pengaturan squelch dari menu Setting mis : Yaesu FT-1500, 2800 dll).
  3. Volume Speaker pada posisi jam 9.
  4. Pilih frekwensi dimana stasiun GW Link akan dipancarkan mis : 143.330 Mhz.
  5. Power Out transciever cukup 5 watt (kontinyu), maksimal 20/25 watt (perlu kipas angin untuk mendinginkan transciever). 


LANGKAH KEDUA (II)

PEMASANGAN INTERFACE GW LINK KE KOMPUTER DAN TRANSCIEVER

  1. Colokkan konektor RS232 dari interface ke port rs232 di komputer desktop (Apabila anda menggunakan laptop, maka anda harus memiliki kabel serial adapter USB RS232 dan harus melakukan penyesuai COM baik di laptop maupun di aplikasi Gateway-- lihat artikel menguji kabel serial adapter USB RS232---)
  2. Colokkan konektor mic/ptt dari interface ke konektor mic/ptt di transciever.
  3. Konektor mic/ptt di interface tentunya harus disesuaikan dengan merek/type transciever karena pinout nya berbeda. Sumber yang paling lengkap untuk mengetahui pinout konektor mic semua merek/type transciever dapat dibaca di situs http://homepage.ntlworld.com/rg4wpw/ 
  4. Colokkan jack mono (Sp. rig) dari interface ke lobang eksternal speaker dibelakang transciever.
  5. Colokkan jack stereo (Sp. com) dari interface ke line out di soundcard computer.
  6. Colokkan jack stereo (Mic com) interface ke line in/mic soundcard computer.
    Catatan : Pastikan semua kabel baik yang ke computer maupun yang ke transceiver terhubung dengan sempurna koneksi kabel yang terhubung secara tidak tempurna akan berakibat tidak bekerjanya interface. 
     
LANGKAH KETIGA (III)

PROGRAM EQSO GATEWAY LINK
(Asumsi anda menggunakan e1025 RAPI)

Untuk instalasi dan penggunaan iQSO Indonesia klik disini http://222.124.203.57/taryana/download/iqso/panduan.pdf

Buka file program e1025 RAPI seperti gambar dibawah :
Input : jangan dicentang. 
Mic   :
  • Vox : Letakkan slider pengaturan sedikit diatas garis yang paling bawah, semakin kebawah semakin sensitif membuka PTT, ingat interface GW ini menggunakan suara untuk membuka/menutup PTT. 
    • Vol : Letakkan slider diatas sekali.
    Output : Letakan slider ditengah.
    Tingkat Kesunyian : Letakkan slider ditengah.( kalau sulit atau lambat membuka PTT, geser slider ke kiri pada posisi dibawah huruf N ATAU G "TINGKAT KESUNYIAN" )
    Setelan RF Gateway : 
      • Vox : Dicentang (kalau tidak dicentang maka stasiun dilokal kita tidak bisa masuk ke Gateway dan hanya bisa monitor saja). Vox juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan jammer.
      • ALC : Dicentang.
      Atur Squelch : Minimal 1000, apabila spleteran tinggi lebih baik diantara 3000 s.d 5000. 
      Setelan RIG (klik setelan rig akan muncul tampilan seperti gambar dibawah)

      Pemilihan Kontrol Rig : Pilih Serial Port. 
      Penguncian Serial Port : Penguncian Serial Port Rig 1 
      • Pilih COM1 (asumsi anda menggunakan PC desktop), kalau anda menggunakan Laptop lihat di COM berapa kabel adapter USB RS232 anda dibaca oleh laptop mis : COM8 maka anda harus memilih COM8 di Penguncian Serial Port (baca artikel sebelumnya).
      • Pilih DTR (interface saya menggunakan pin4 pada RS232).
      • penguncian Serial Port Rig 2 (samakan saja stelannya).
      • Klik OK untuk menyimpan stelan anda, dan layar akan kembali ke layar utama e1025 RAPI. 
      LANGKAH KEEMPAT (IV)
      MENGUJI APAKAH STASIUN GATEWAY LINK ANDA BEKERJA 

      • Pada layar e1025 RAPI, ketik server : e1025.rapi.no-ip.org 
      • Port Koneksi : 10024 Room : Indonesia 
      • Kemudian  klik Hubungkan, jangan lupa centang auto konek. Akan muncul layar seperti gambar dibawah.
      • Apabila setelah anda mengklik hubungkan anda tidak terhubung ke server ditandai dengan munculnya pesan anda tidak terhubung ke server. Lakukan langkah sebagai berikut :
      • klik Start pada windows.
      • Kemudian klik Run.. akan muncul layar seperti gambar dibawah.
      • Pada kotak open : ketik ping 1025rapi.no-ip.org kemudian klik OK, akan muncul layar seperti gambar dibawah ini.
       
      • Apabila keluar reply from 200.51.......(seperti yang ditunjukkan gambar diatas muncul maka berarti anda telah terhubung ke server), apabila tidak muncul berarti tidak ada respon dari server/server down/server bermasalah (biasanya muncul tulisan request time out, ulangi proses ping tsb sampai keluar reply 200......

        • Setelah anda terhubung dengan server dan sudah berada di room gateway (seperti gambar pada point 2 ) :
        1. Perhatikan apakah Transciever/rig anda memancar ataukah tidak.
        2. Apabila suara teman di room tidak keluar di rig anda coba pancing dengan mencentang Aktifkan Tegangan Balik, biasanya suara langsung keluar, non aktifkan tegangan balik. kemudian putuskan hubungan ke server dan konek ulang.
        3. Apabila transceiver /rig kita memancar terus menerus, klik Setelan Untuk Rig dan centang Aktifkan Tegangan Balik Serial Port Rig1 atau 2.
        4. Biasanya suara rekan2 yang ber 10-25 di room akan dipancarkan oleh Transciever kita dan akan terdengar diperangkat monitor kita, atur suara yang keluar di transciever stasiun GW link kita melalui Vol. Output di interface sampai enak didengar biasanya saya taruh di jam 8 (tidak over modulasi)
        5. Apabila suara tidak keluar, periksa apakah kabel yang terhubung ke speaker komputer dan mic/ptt transciever terhubung dengan baik dan periksa juga pengaturan volume speaker di komputer sudah sesuai (untuk awal setel penuh saja, nanti baru distel ulang apabila interface sudah bekerja dengan baik).
        Untuk mengetahui apakah teman2 lokal bisa masuk melalui stasiun GW Link kita, lakukan langkah berikut :
        • Keluar dari room Indonesia masuk ke room test, ambil pesawat HT,tekan switch PTT HT sambil berbicara, lihat apakah signal kita masuk ke stasiun GW Link ataukah tidak, biasanya apabila signal masuk GW, layar computer akan berwarna biru, perhatikan berapa baris yang nampak di vu meter mic di aplikasi GW kalau hanya dapat satu atau dua baris besarkan vol. out di interface GW, apabila anda melepas swicht PTT layar akan berwarna putih kembali berarti interface anda bekerja dengan baik. Apabila tidak menerima signal/layar tidak biru, geser slider VOX ke posisi sedikit diatas dari yang paling bawah dan slider tingkat kesunyian dibawah huruh n atau g, kemudian tekan switch PTT HT dan berbicaralah biasanya signal akan masuk ke GW dan layar berubah biru. Apabila tidak juga bisa periksa kabel yang ke speaker transceiver/rig dan ke mic computer apakah terhubung dengan baik. (biasanya jack tidak sempurna masuk di lobang jack pesawat atau computer). 
        • Di room Test, telah disediakan aplikasi perekam otomatis yang di buat oleh om Denny JZ04EPW, dengarkan hasil rekaman tersebut. Apabila suaranya tidak enak (over modulasi) setel Vol. Input  di interface pada posisi yang paling enak didengar (jangan terlalu kecil, kalau terlalu kecil suara anda akan terputus2 diterima oleh stasiun penerima).

        SELAMAT MENCOBA, DAN ANDA HARUS BISA

        2 komentar:

        1. Bejo
          ~~ Lokasi : Kebumen-Jawa Tengah

          maksih gan tutoriallnya,, sangat membantu,, sudah ada tutorial mengetahui lokasi pancaran dari lawan bicara kita apa belum om,, kalo ada di share dong,,, perangkat yang diperlukan apa saja,, makasih OM,,

          BalasHapus
        2. Sudah ada gan software untuk mengetahui dimana lawan bicara kita memancar tapi lawan bicara kita harus mempunyai peralatan pedukung seperti GPS track, dan beberapa aplikasi untuk HP dapat mengetahui dimana posisi HP teman kita berada. Coba anda masuk ke http://aprs.fi di situs ini anda bisa melihat posisi teman2 briker yang telah memasang peralatan tersebut.

          BalasHapus