BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

Rabu, 28 April 2010

USB RS232 SERIAL ADAPTER UNTUK INTERFACE GATEWAY LINK

Tulisan yang saya rilis ini adalah pengalaman pribadi berkaitan dengan penggunaan interface GW link yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai komputer khususnya asesoris komputer. Pada umumnya kesulitan akan menghadang pengguna RF Gateway Link yang akan menghubungkan  Laptop ke interface gateway link, karena dibutuhkan kabel serial adapter USB ke RS232 9db.


Pertama, tidak disetiap kota dijual kabel serial adapter USB RS232 9db (toko komputer tidak mau menjual kabel ini karena jarang ada pembelinya).
Kedua, tidak semua kabel serial adapter USB RS232 9db yang dijual dipasaran saat ini tidak selalu kompatibel dengan OS laptop yang dipergunakan. JZ04AKR pernah memberi kabel serial adapter yang tidak diketahui mereknya (tidak bisa dipake di laptopnya karena OS nya Windows Vista) begitu saya pake di laptop Acer milik saya yang OS nya Windows XP langsung dapat bekerja dengan interface gateway saya.
Saya pernah membeli serial adapter USB RS-232 db9 merek Cody yang saya beli dari salah satu toko peralatan komputer di Harco Elektronik seharga Rp. 150.000,- kemudian serial adapter tersebut saya pergunakan dan hasilnya TIDAK KOMPATIBEL alias tidak bisa dipergunakan, padahal spesifikasinya lebih tinggi (dapat bekerja dengan OS Windows Vista). Saya mendatangi salah satu supplier peralatan kantor saya dan membeli serial adapter merek Aten Uc232A dengan perjanjian apabila adapter tersebut tidak kompatibel dikembalikan, hasilnya sama TIDAK KOMPATIBEL.
Saya memesan kembali serial adapter merek Cody dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan harga yang lebih mahal yaitu Rp. 250.000,- ( kabel merek Cody yang sebelumnya saya beli dengan harga Rp. 150.000,- saya kembalikan). Ternyata serial adapter USB RS-232 yang baru saya pesan ini bekerja dengan baik dengan interface GW Link saya.

Kesimpulan sementara :
  1. Serial adapter tidak support untuk OS yang dipergunakan di laptop.
  2. Integrated Circuit (IC) pada serial adapter tidak support untuk interface gateway.
  3. Buat perjanjian dengan toko tempat anda membeli kabel apabila kabel serial adapter tidak bekerja dapat dikembalikan (karena harganya mahal).
Kalau ada yang punya pengalaman menarik mengenai kabel SERIAL ADAPTER USB RS232 9DB, kirim ke email kami untuk disharing dengan teman-teman yang lain

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar