BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

-

-

Minggu, 21 Maret 2010

BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (6)

Setelah anda mengikuti artikel BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (1) sampai dengan (5), mari kita lanjutkan proses berikutnya.
  • Setelah panel belakang dilepas gosoklah dengan abrasive paper  merek "Nikken" P600 untuk membersihkan permukaan cat lama (biar cat yang baru melekat dengan baik) apabila cat lama sudah banyak yang mengelupas, untuk memperoleh hasil penggosokan yang baik basahi abrasive paper dengan air. Ingat proses penggosokan ini hanya untuk meratakan dan membersihkan permukaan cat yang lama (--jangan di gosok abis catnya--), kemudian bagian yang tidak rata karena goresan sebaiknya didempul. Namun bila cat lama panel belakang masih mulus bersihkan dengan menggunakan tiner untuk membuang kotoran yang menempel di permukaan cat lama.
  • Setelah proses penggosokan selesai, bersihkan permukaan dengan lap basah dan kemudian jemur diterik sinar matahari.
MEMULAI PROSES PENGECATAN :
Pada artikel sebelumnya telah saya sampaikan bahwa sebelum anda memulai mengecat TR-9130 saya meminta anda memikirkan terlebih dahulu bagian mana saja yang akan anda cat ulang. Lihat gambar dibawah sebagai sumber inspirasi anda :


Kenwood TR-9130 koleksi JZ06AOG/YD4IDY

 
Kenwood TR-9130 koleksi Billy YB0KA

Kalau anda sudah menentukan motif apa yang anda pilih, mari kita mulai proses pengecatan (saya berasumsi anda memilih motif loreng - yang sulit proses pengecatannya) :


contoh motif loreng
  1. Pilih warna yang menjadi dasar (warna dominan), untuk motif loreng tentara gurun diatas pilih warna khaki/pasir/krem sebagai warna dasar atau hijau sebagai warna dasar (kalau hijau dipilih akan cenderung menjadi warna loreng biasa).
  2. Lakukan pengecatan sesuai dengan petunjuk pada kaleng cat semprot yang anda pergunakan untuk memperoleh hasil yang baik.
  3. Mulailah pengecatan pada cover atas/bawah, karena apabila hasil pengecatan anda tidak sempurna akan lebih mudah untuk melepaskan cat baru tersebut dengan menggunakan thinner.
  4. Setelah bagian panel depan, cover atas/bawah, panel belakang selesai anda cat, bersihkan debu cat/ratakan dengan menggunakan abrasive paper Nikken P-1000 (ingat gunakan air untuk proses ini dan jangan terlalu ditekan pada waktu penggosokan). kemudian jemur sampai betul-betul kering.
  5. Tutup permukaan cover atas dan bawah dengan menggunakan lakban kertas yang biasa dipergunakan untuk mengambil no. rangka/no. mesin kendaraan bermotor.
  6. Setelah semua permukaan tertutup rapat, mulailah menggambar motif loreng dengan pensil, lihat contoh motif loreng pada gambar diatas.
  7. Setelah motif selesai gunakan cuter yang tajam untuk memotong bagian yang anda gambar dengan hati-hati dan jangan terlalu ditekan.
  8. Jika seluruh pemotongan selesai, lepaskan bagian lakban kertas yang akan anda cat, kemudian lakukan pengecatan pada bagian yang terbuka tersebut dengan warna kedua misalnya : coklat atau hijau (saya menggunakan coklat sebagai warna kedua).
  9. Setelah pengecatan warna kedua selesai, lepaskan seluruh lakban kertas yang menutupi warna dasar secara pelan-pelan. Motif loreng anda sudah mulai terlihat.
  10. Ulangi langkah ke 5 s.d 9 untuk proses pengecatan warna ke tiga (saya menggunakan warna hijau) dan ke empat (saya sarankan mengingat permukaan bidang yang akan dicat kecil saya sarankan gunakan cukup 3 warna saja supaya kesan lorengnya lebih menonjol, 4 warna terlalu rame).
  11. Ingat antara motif pada cover atas dengan bawah harus nyambung biar enak dilihat.
Bersambung ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar