BANK SUMSEL BABEL MITRA ANDA MEMBANGUN DAERAH

-

-

Senin, 30 November 2009

MY HAM SHACK



NOT FOR SALE









NOT FOR SALE



BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (4)

TAHAP KEDUA (LANJUTAN .......)

2. Melepaskan Panel Depan :
  •  Gambar dibawah menunjukkan pemasangan seluruh bagian Kendwood TR-9130.
  • Melepaskan panel depan gampang-gampang susah, perlu sedikit ketelitian (lihat gambar untuk mempermudah melepaskan panel). Pada waktu melepaskan tombol/saklar/pemutar dipanel depan sebaiknya lepaskan satu persatu dan masukkan dalam kantong plastik kecil masing masing tombol dan beri label supaya tidak tertukar dengan yang lainnya.
  • Mari kita mulai melepaskan tombol fungsi di panel depan : Switch MEMORY (caranya tarik kearah luar perlahan-lahan), Kontrol RF GAIN/RIT (buka baut tanam dengan menggunakan kunci L, setelah terbuka tarik keluar saklar RIT dan RF Gain), Switch MODE (tarik kearah luar), Konb POWER/VOL (tarik tombol kearah luar, kemudian yang berwarna stainles  diputar menggunakan penjepit/pinset berlawanan dengan arah jarum jam), Pemutar Frekwensi (buka dengan kunci L), Kontrol SQUELCH/Switch Pow. HI/LOW (tarik kearah luar kontrol squelch, switch power hi/lo). Saklar TX OFFSET (tarik kearah luar), terakhir lepaskan Konektor MIC (putar dengan menggunakan penjepit/pinset berlawanan dengan arah jarum jam, jangan menggunakan tang). Sedangkan tombol yang lain tidak perlu dilepas karena melekat di blok bodi.

Minggu, 29 November 2009

BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (3)

CARA KETIGA, Merubah Warna Cat Kenwood TR-9130

Sebelum melakukan perubahan warna terhadap Kenwood TR-9130 anda pikirkan terlebih dahulu apakah anda akan melakukannya sendiri ataukah menggunakan jasa tukang cat yang biasa mencat kendaraan. Kalau anda melakukannya sendiri tentu hasilnya tidak akan sebagus hasil tukang cat yang sudah biasa mengecat kendaraan kecuali anda memiliki pengalaman sebagai tukang cat kendaraan. Apabila anda dapat melakukannya sendiri, anda akan memiliki kepuasan dan kebanggaan tersendiri (.....ini karya saya sendiri lho......).

Apabila anda akan mengecat sendiri, ikuti langkah berikut : 


TAHAP PERTAMA :

1. Pikirkan motif yang akan anda buat :
  • Polos mengkilat, doff atau metalik.
  • Bermotif seperti si "LORENG" milik saya (kalau anda mau anda bisa membuat motif bendera, bunga, tokoh kartun ataupun lukisan dengan air brush tentunya)
2. Setelah anda mendapatkan inspirasi motif tersebut, tentukan jenis cat yang akan anda pergunakan (pergunakan cat semprot untuk hasil yang masimal jangan menggunakan kuas) : 
  • Cat warna biasa mengkilat (untuk warna polos pilihlah warna kesukaan anda, usahakan warnanya terang seperti biru muda, hijau muda, kuning dll...)
  • Cat warna doff (cat dengan warna doff untuk merek cat tertentu biasanya yang ada hanya warna hitam. Kalau anda akan membuat motif loreng dengan warna doff akan kesulitan mencari warna yang dibutuhkan. Kalau di kota anda ada gerai "ACE HARDWARE" biasanya tersedia cat semprot dengan warna doff merek "Krylon" (biasanya dipergunakan oleh hobies Air Soft Gun untuk mengecat perlengkapan mereka)
  • Cat warna metalik ( pilihlah warna terang biar kesan metaliknya muncul karena luas bidang yang akan kita cat kecil)
  • Cat bermotif (tersedia di toko cat tertentu, kalau di kota anda ada gerai "ACE HARDWARE" bermacam-macam jenis cat tersedia disini termasuk cat bermotif merek "Krylon").
3. Setelah warna atau motif anda tentukan, belilah cat semprot tersebut sesuai dengan warna pilihan anda (kalau 1 warna cukup 1 kaleng saja, kalau motif loreng tergantung jumlah warna yang akan dipergunakan ).

TAHAP KEDUA :

Sabtu, 28 November 2009

BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (2)

Mari kita lanjutkan bagaimana cara mempercantik kenwood TR-9130......

Sebelumnya sudah disampaikan 3 alternatif pilihan variasi TR-9130 anda : 

  • Pertama, menggunakan bahan acrilic.Lepaskan cover/tutup atas dan bawah TR-9130, bawa cover tersebut ke tukang reklame, minta tukang reklame membuat cover tersebut dari bahan acrilic (cover asli akan dipergunakan sebagai mal/patron), pilih warna acrilic (putih bening, putih, putih dop, hitam, merah dst...nya) sesuai dengan keinginan anda. Gunakan acrilic dengan ketebalan 1.5 mm. Jangan lupa minta kepada tukang reklame untuk mengebor lobang secara berbaris (jumlah baris dan banyaknya lobang sesuai dengan keinginan anda... usahakan sebanyak mungkin ..... 4 atau 5 baris ) dibagian belakang cover dengan diameter lobang 2 mm. Lobang ini berfungsi untuk membuang panas dari rig anda. Mudah bukan ?.........
  • Kedua, rig anda di crhome. Cari di kota anda tukang crhome yang bagus. Lepaskan cover, panel depan dan belakang ( ..... untuk pekerjaan ini kalau anda tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa minta bantuan teknisi radio di kota anda....... kalau anda akan melakukannya sendiri, anda harus mempunyai manual kenwood TR-9130, didalam manual tersebut disediakan petunjuk istalasinya.... saya akan coba muat di pembahasan cara ketiga....). Setelah cover, panel depan dan belakang dilepas serahkan pekerjaan peng-crhom-an kepada ahlinya. Setelah peng-crom-an selesai masih ada yang harus anda lakukan yaitu menyablon panel depan dan belakang sesuai dengan tulisan aslinya (..... ini juga harus dilakukan oleh orang yang ahlinya, tidak disetiap kota ada yang bisa ............saya cari informasi lebih lanjut ya mengenai ini........), alternatif lain adalah dengan menggunakan stiker (bisa dipesan dengan Sdr. Sanjaya di Makasar, Sdr. Didi di Rangkas Bitung. Setelah disablon atau dipasang stiker rakit kembali panel depan/belakang. Selesailah sudah modifikasi anda ............  
  • Ketiga, merubah warna Cat. Pembahasan untuk pekerjaan ini cukup panjang........ (ikuti terus tulisan ......)
BERSAMBUNG................

Kamis, 26 November 2009

BAGAIMANA CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130 (1)

Memiliki rig Kendwood TR-9130 sepertinya menjadi kebanggaan seorang briker (karena banyak kelebihan dari rig tua ini). Bayangkan berapa umur TR-9130 yang anda miliki, jangan-jangan lebih tua dari anda atau anak anda. 
Karena faktor umurnya yang sudah tua kebanyakan bodi alias chasing Kenwood TR-9130 udah pada baret atau apa ajalah sehingga gak enak dipandang, sehingga akhirnya anda sebagai pemilik berpikiran untuk menjualnya.  Jangan berpikiran untuk menjualnya apalagi kalau si rig tua ini masih berfungsi dengan baik. Pikirkan bagaimana cara mempercantik tampilannya supaya enak dipandang.
Mempercantik tampilan Kenwood TR-9130 yang sudah jelek (.....wajar ya karena usianya sudah lebih dari 20 tahun ..... dan anda mungkin gak tau anda pemakai keberapa dari TR-9130 yang sekarang berada ditangan anda) membutuhkan daya imajinasi dan kreativitas anda dan sedikit kemampuan teknis (karena anda harus mencopot panel depan dan panel belakang serta sedikit kemampuan menggunakan cat semprot). 

Gambar disamping adalah satu hasil imajinasi dan kreativitas saya sebagai pemilik TR-9130 yang sudah jelek, coba anda lihat hasilnya (.....enak dipandang ya ?.....)




" TEMAN-TEMAN YANG MEMBACA TULISAN SAYA MENGENAI CARA MEMPERCANTIK KENWOOD TR-9130, PERLU SAYA SAMPAIKAN BAHWA TULISAN SAYA INI HANYA BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI SAYA MEMBONGKAR SENDIRI TR-9130 MILIK SAYA DAN SAYA TIDAK MEMILIKI KEMAMPUAN TEKNIS YANG MEMADAI (BUKAN TEKNISI), KALAU ADA YANG SALAH TOLONG ANDA KOREKSI DAN ANDA HARUS MEMPELAJARI DENGAN SEKSAMA GAMBAR INSTALASI KENWOOD TR-9130 YANG SAYA SERTAKAN DALAM TULISAN INI SEBELUM ANDA MELAKUKAN PEMBONGKARAN TR-9130 MILIK ANDA "


Saya mencoba menuntun anda untuk merubah tampilan TR-9130 yang anda miliki. Ada beberapa piliham untuk merubah tampilan TR-9130 :
  1. Seluruh body di-crhome. Anda harus mencari bengkel variasi kendaraan bermotor (biasanya mereka tau dimana orang yang bisa meng-chrome) dan biayanya sedikit mahal ( diatas Rp. 500 ribuan ). 
  2. Mengganti tutup atas dan bawah dengan bahan acrilic tembus pandang (didalamnya kasih lampu led 3 warna yang dapat berubah sendiri). Bahan ini mudah didapat (......beli aja dari pembuat reklame, karena butuhnya sedikit....) dan warnanya banyak mulai putih dop, bening, biru dan bahkan hitam. Untuk membentuk acrilic sesuai dengan bentuk tutup atas dan tutup bawah anda harus meminta bantuan pembuat reklame karena mereka pada umumnya bisa melakukannya (...... nggak gratis lho......). Kelemahan menggunakan acrilic tembus pandang ini adalah tidak tahan panas (.... coba pegang tutup atas pada waktu rignya hidup lumayan panas khan?.... tapi kalo dikipasin juga gak terlalu panas). Gunakan acrilic yang tebalnya 1,5 mm supaya sedikit tahan terhadap panas.
  1. Mengganti warna dari warna aslinya, anda harus memikirkan warna dan jenis cat yang akan anda pergunakan (....... ini lho yang akan saya bahas, karena anda dapat melakukannya sendiri.......)
Bersambung .............

Senin, 23 November 2009

SISTEM GROUNDING STASIUN RADIO (3)

Bagaimanakah Membuat Grounding Yang Baik Untuk Stasiun Anda 

Grounding yang baik sangat dibutuhkan oleh pengguna transciever. Grounding yang dibutuhkan tersebut sedapat mungkin dapat menjalankan dua fungsi baik sebagai safety grounding maupun sebagai RF grounding. Dengan memiliki grounding yang baik mudah-mudahan saja peralatan transciever anda tidak lagi menyebabkan gangguan kepada peralatan lain yang anda miliki seperti televisi, komputer dan peralatan audio video milik tetangga anda.
Ingat anda tidak dapat menghilangkan sama sekali ekspos RF dalam stasiun anda, yang anda bisa lakukan hanyalah meminimalisir ekspos RF sehingga tidak menimbulkan gangguan dan aman bagi kesehatan (baca kembali keselamatan stasiun di artikel sebelumnya).

A. Sistim Grounding Single Point :
Ground bus (gambar 1)
Ground rod (gambar 2)
 

Kabel lug (gambar3)
 
Bahan yang dibutuhkan : Pipa tembaga 1/2 inci panjang minimal 1,5 m (untuk batang ground/ground rod), plat tembaga untuk terminal ground (ground bus), kawat tembaga keras (yang digunakan untuk instalasi listrik di rumah), atau diganti dengan coax RG8 (solid), Coax RG58 secukupnya untuk kabel ground dari peralatan ke terminal ground (ground bus), kabel lug, klem stainless.

  1. Bor plat tembaga untuk lobang baut serapat mungkin (tergantung dengan ukuran baut yang anda pergunakan) sesuai dengan jumlah ground yang anda butuhkan (lihat gambar 1). Kalau anda kesulitan mencari plat tembaga anda dapat menggantinya dengan pipa tembaga (bisa pipa untuk AC). Kalau anda menggunakan pipa tembaga untuk ground bus gunakan klem stainless untuk menjepit ujung masing kabel ground dari peralatan (solder terlebih dahulu ujung kabel tersebut ke pipa tembaga baru pasang klemnya).
  2. Hubungkan semua terminal ground peralatan anda (kalau terminal ground tidak tersedia diperalatan dapat diambil dari salah satu baut di bodi peralatan) dengan menggunakan kabel coax RG58 yang masing masing ujungnya telah dipasang kabel lug ke terminal ground bus.
  3. Hubungkan terminal ground bus ke batang ground (ground rod) dengan menggunakan kabel tembaga keras yang terbungkus (kabel yang biasa digunakan untuk instalasi listrik) atau menggunakan kabel coax RG8. (berdasarkan pengalaman teman-teman kabel coax RG8 lebih bagus karena impedansinya 50 ohm). Kawat/kabel ini harus dibuat sependek mungkin (maksimum 3 m). Kemudian klem ujung kawat/kabel tersebut ke batang ground dengan menggunakan klem stainless.
  4. Tanam batang ground (ground rod) dari pipa tembaga 1/2 inci sedalam mungkin ke bumi.

Dengan mengikuti cara tersebut mudah-mudahan ekspos RF distasiun anda berkurang dan gangguan terhadap peralatan audio video baik punya anda maupun punya tetangga anda tidak ada lagi.
Kalau masih ada gangguan pada peralatan audio video anda atau milik tetangga, kemungkinan besar panjang kabel dari ground bus ke ground rod terlalu panjang (kalau di band HF kemungkinan besar kabel tersebut panjangnya mendekati atau sama dengan 1/4 lambda atau kelipatan ganjil 1/4 lambda di frekwensi anda beroperasi (pada saat anda transmit kabel ground tersebut akan beresonansi dan bertindak sebagai elemen radiator). Ukur kembali panjang kabel ground anda, usahakan sependek mungkin, apabila tidak memungkinkan coba dengan menjadikan panjangnya menjadi kelipatan genap 1/4 lambda ( rumus 1/4 lambda adalah 75/frekwensi anda beroperasi misalnya : 75/7.050 MHz= 10,63 m....... bingung ya, ingat angka pengali itu tidak selalu harus bulat seperti 3, 5, 7, 9 untuk kelipan ganjil, bisa juga 1/3, 1/5, 1/7, 1/9, 1/33 dst.nya).

Apabila anda gagal juga dengan cara tersebut diatas, coba cara kedua seperti yang diuraikan dibawah ini :

B. Sistim Grounding  dengan RF Suppresor (Penindas RF)
Bahan yang dibutuhkan : Pipa tembaga 1/2 inci panjang minimal 1,5 m (untuk batang ground/ground rod), plat tembaga untuk terminal ground (ground bus), coax RG8 (solid), Coax RG58 secukupnya untuk kabel ground dari peralatan ke terminal ground (ground bus), kapasitor disk keramik (nilai 0.001 sampai 0.1 mikro farad 1 Kilo Volt), kabel lug, klem stainless.

  1. Gunakan sistim grounding single point untuk menghubungkan peralatan radio ke ground bus.
  2. Antara ground bus dengan ground rod dihubungkan dengan menggunakan kabel coax RG 8 solid yang panjangnya sembarang. Inti dan serabut kabel coax RG8 yang ke arah ground rod dijadikan satu (disolder) kemudian diklem ke ground rod. Sedangkan yang ke ground bus, pisahkan antara serabut dengan inti coax RG8, kemudian solder serabut coax ke salah satu kaki kapasitor dan kaki kapasitor yang satunya lagi disolder ke kawat inti dari coax ( kapasitor disk keramik 0.01 mikro farad/1 kilo volt ) dan disambungkan ke ground bus (gunakan kabel lug). 
Dengan menggabungkan cara yang pertama dan yang kedua selesailah grounding anda.

Saya menyarankan anda untuk menggunakan cara yang kedua yaitu Sistim Grounding RF Suppressor, sistim ini banyak dipergunakan oleh amatir radio diluar negeri karena lebih efektif menekan ekspos RF terutama bagi pengguna band HF dan pengguna linear amplifier berkekuatan tinggi.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda yang suka mengganggu TV tetangga.

Source : Dari berbagai sumber yang tidak dapat disebut satu persatu.


SELAMAT MENCOBA...

SISTEM GROUNDING STASIUN RADIO (2)

Sistim Grounding untuk Stasiun Amatir Radio

Sebelumnya telah saya sampaikan bahwa secara umum ada 2 type grounding yang harus anda ketahui, yaitu :
  1. Safety Grounding.
  2. RF Grounding.
Seorang pengguna radio amatir (baik yang memiliki stasiun yang sederhana sampai yang paling waaaah.......) harus memahami kegunaan dan harus memiliki grounding yang baik untuk semua peralatan yang dipergunakannya. Kebanyakan dari kita mengabaikan kegunaan grounding tersebut sehingga  ada teman-teman yang tidak memiliki sama sekali grounding di peralatan yang mereka pakai, kalaupun ada mungkin tidak memenuhi syarat sistem grounding yang baik. Tidak memiliki atau memiliki grounding yang tidak baik akan berdampak terhadap pengguna dan peralatan itu sendiri (lihat artikel sebelumnya tentang "keselamatan"). 

Kedua tipe grounding tersebut memiliki kegunaan yang berbeda. Safety grounding (elektrical/lightning) berguna untuk memitigasi/mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh terjadinya hubungan pendek arus listrik yang dipergunakan pada peralatan yang membutuhkan daya listrik baik terhadap manusia maupun peralatan itu sendiri, atau akibat yang ditimbulkan oleh sambaran petir terhadap antena yang kita pergunakan. Sedangkan RF grounding bermanfaat untuk memitigasi/mengurangi dampak dari radiasi RF yang timbul pada saat kita memancar (apalagi menggunakan RF amplifier Kilo watt) terhadap operator radio itu sendiri, peralatan dan bahkan tetangga (RFI ke televisi tetangga.... bisa-bisa diomelin tetangga).

Kemudian apabila kita sudah memiliki sistim grounding (dalam hal ini electrical grounding) yang baik apakah berarti kita juga telah memiliki RF grounding yang baik? belum tentu (saya mengalami sendiri pada waktu memancar di band HF, begitu PTT saya tekan, gambar pada layar televisi saya terganggu, suara saya masuk ke televisi dan bahkan tetangga saya mengatakan bahwa suara saya masuk ke dalam televisi mereka.... wah bahaya kalau sudah begini...).

Lho... koq..... masalahnya muncul di band HF ya?, awalnya saya juga tidak menyadari kegunaan RF grounding ini karena di band VHF masalah ini gak muncul, apa karena saya memancar hanya dengan kekuatan maksimum 60 watt ya?. Saya jadi penasaran ......... Berdasarkan pengalaman saya tersebut, saya berusaha untuk mencari dan membaca literatur yang membahas mengenai penyebab terjadi gangguan pada televisi saya dan tetangga tersebut. Ternyata penyebab dari semua itu adalah RF Interferen (RFI) yang ditimbulkan oleh sistim grounding saya yang buruk.

Bagaimanakah mengimplementasikan dengan baik dan efektif sistim grounding yang bebas Interferensi Frekuensi Radio (RFI) di stasiun kita ?

Mengimplementasikan secara efektif sistim grounding di stasiun amatir diperlukan sekali oleh operator radio amatir untuk mengarah kepada 2 aspek penting grounding. Yaitu :

Pertama – Untuk mematuhi petunjuk keamanan listrik (electrical grounding system),
Kedua – Memahami RFI di dalam stasiun amatir radio (RF grounding system).

Secara umum, kebanyakan pengguna radio amatir mematuhi aspek yang pertama dalam konteks keamanan listrik tetapi sering kali melalaikan aspek yang kedua tentang mengurangi eksposur yang berlebihan dari energi RF di dalam stasiun.
Banyak yang percaya bahwa dengan mentaati petunjuk keamanan listrik dengan baik adalah cukup untuk mengusir permasalahan operasi lainnya. Meskipun kelihatannya benar, kenyataannya ini adalah pemikiran yang keliru.
Bagaimanakah tanda-tanda dari RF grounding yang buruk?

Tanda tanda RF grounding yang buruk antara lain :
  • Terjadi sengatan listrik di mikropon (mikropon dengan bodi metal) pada saat memancar. 
  • Modulasi audio tidak jelas dan atau distorsi. 
  • Elektronik keyer mengirimkan karakter-karakter yang salah. 
  • Terjadi sengatan listrik ketika menyentuh objek metal di dalam stasiun 
  • Tegangan power suplai turun naik. 
  • Panel pembaca SWR meter melompat-lompat 
  • Terjadi gangguan pada Komputer. 
  • Monitor komputer berkedip. 
  • Lampu TL berkedip-kedip. 
  • Panel meter yang non-aktip dari peralatan yang terpisah bergerak sendiri.
  • Ketika transmit, distorsi audio terdengar di speaker komputer.  
  • Gangguan pada gambar televisi.  
  • Suara masuk kedalam televisi. 
Source : Dari berbagai sumber yang tidak dapat disebut satu persatu.

Biar penasaran......BERSAMBUNG

    Rabu, 18 November 2009

    SISTEM GROUNDING (1)

    Mengapa grounding diperlukan ?

    Banyak pengguna radio mengabaikan betapa pentingnya grounding, yang penting bisa ngebrik gak perlulah grounding ( wong memang kenyataannya.... tanpa grounding juga tetap bisa transmit en monitor...... betul juga ya?). Sebagai seorang pengguna radio transciever pendapat ini adalah salah, anda dapat bayangkan gimana kejadiannya kalau antena anda yang tinggi kesamber petir (apa yang terjadi....?), atau terjadi hubungan pendek arus listrik pada peralatan tranciever atau peralatan pendukung lainnya (apa yang terjadi......?), kemudian tahukah anda pada saat anda memancar ada radiasi RF yang pada tingkat tertentu dapat membahayakan keselamatan dan perangkat transciever anda.

    Dari banyak literatur yang saya baca (jadinya saya nggak ngarang nih) didapat suatu kesimpulan bahwa GROUNDING dibutuhkan untuk : KESELAMATAN, keselamatan siapa? keselamatan pengguna transciever, transciever itu sendiri dan untuk kenyamanan berkomunikasi (kenyamanan tetangga juga lho.. ingat TV interferen yang timbul pada saat anda on air di allband). 

    Tipe grounding :
    Secara umum ada 2 tipe grounding :
    • Safety Grounding (Electric/lihgtning Grounding).
    • RF Grounding.
    Saya akan mencoba membahasnya satu persatu (banyak literatur/tulisan yang saya baca untuk bisa menuangkannya dalam tulisan ini).

    Bersambung...............

    Jumat, 06 November 2009

    MY TRANSCIEVERS



    SI "LORENG" INI YG MENJADI ANDALAN SAYA BUAT NGOBROL LHO (LOW 5 WATT, HIGH-30 WATT), LUMAYAN DENGAN KETINGGIAN ANTENA HANYA 8 M  ( DENGAN ANTENNA OMNI 5 X 5/8 LAMBDA BIKINAN OM BOKOR WARISAN DARI OM FARI ANCOL ) DARI PERMUKAAN TANAH BISA BERCUAP-CUAP DENGAN REKAN REKAN DI LAMPUNG, JAMBI, JAKARTA DAN BAHKAN PERNAH BISA MEMBUKA RPU SEMARANG (PROPAGASI BAGUS KALI YA?)  ...............................................................


    NAH... INI ICOM 275H, LUMAYAN POWER HIGH-100 WATT, KUALITAS MODULASI OKE SEKALI......... (JARANG DIPAKE, TAKUT RUSAK) ...........................






    YANG INI, KENWOOD TR-751, WATTNYA HANYA 30 WATT, GAK PERNAH DIPAKE ALIAS DI SIMPEN AJA....





    NAH YANG INI ADALAH RIG MULTI BAND YAESU FT-857ND (1,8 MHz s.d 450 MHz). SI IMUT-IMUT YANG BERKUALITAS INI LEBIH BANYAK SAYA PAKE DI 11 MHz.








    Kamis, 05 November 2009

    KESELAMATAN STASIUN RADIO (2)

    Coba anda perhatikan, setiap anda membeli peralatan elektronik apakah kulkas, televisi dll, biasanya disertai manual operasi. Didalam manual operasi tersebut selalu mencantumkan tip instalasi yang didalamnya juga mencantumkan tip keselamatan (cermati ini pada waktu proses instalasi).Demikian juga ketika anda membeli perangkat radio dan perangkat pendukung lainnya, manual instalasi selalu disertakan. Didalam manual instalasi tersebut juga mencantumkan petunjuk keselamatan, perhatikan dan baca petunjuk tersebut dengan seksama sehingga anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, baik terhadap peralatan maupun jiwa anda sendiri. 

    Potensi Bahaya Apa Saja Yang Ada di Stasiun Anda  
    1. Api.
    2. Kejutan Listrik.
    3. Petir.
    4. Eksposur RF.

    Api : 
    Bahaya api dapat ditimbulkan dari hubungan pendek listrik pada peralatan anda yang terhubung dengan listrik, dan hal-hal lainnya yang timbul bukan dari listrik misalnya puntung rokok, benda lain yang dapat meledak karena panas (seperti korek api gas).

    Jauhkan benda-benda yang dapat terbakar karena panas seperti korek api gas, jangan sekali kali menaruh korek api gas diatas peralatan radio anda karena apabila meledak dapat memicu kebakaran.
    Taruh alat pemadam kebakaran ditempat yang mudah terjangkau, gunakan peralatan pemadam kebakaran khusus untuk peralatan elektronik biasanya jenis karbon dioksida. 

    Rabu, 04 November 2009

    KESELAMATAN STASIUN RADIO (1)

    Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas design stasiun radio. Tulisan tersebut saya muat dengan harapan anda yang memiliki hobi nge-brik memiliki minat untuk membangun stasiun yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

    Seperti yang sudah saya uraikan sebelumnya bahwa membangun stasiun radio amatir sepertinya susah susah gampang, banyak hal yang perlu dipertimbangkan antara lain ; tempat, bahan serta  desain yang harus ergonomis dan tentu saja jumlah peralatan radio dan peralatan pendukung lainnya yang anda miliki juga akan menentukan desain stasiun anda.

    Mendesain stasiun hanya salah satu kebutuhan seorang pengguna frekwensi radio. Apabila stasiun telah dibangun, ada hal penting yang harus anda perhatikan yaitu "KESELAMATAN". 
    Lho kok keselamatan, yang penting khan ada listrik atau catu daya lain, ada rig/HT, kabel dan antena, udah selesai tinggal bercuap-cuap.
    Sebagai seorang yang menggunakan frekwensi radio yang dipergunakan untuk memancar, banyak bahaya terselubung yang menanti anda yang dapat datang sewaktu-waktu yang mungkin membahayakan keselamatan anda (bukan nakut-nakutin lho, kalo udah kesamber petir baru tau akibatnya).

    Setelah membaca banyak literatur tentang amatir radio baik buku maupun tulisan di internet, akhirnya saya menyadari bahwa KESELAMATAN harus menjadi prioritas dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Saya berusaha menyampaikan pesan KESELAMATAN ini dengan memuat tulisan yang saya peroleh dari banyak sumber baik dari buku maupun dari internet dan juga pengalaman pribadi.

    RF, tegangan AC dan DC di dalam stasiun amatir berpotensi mengancam terhadap keselamatan manusia. Pengetahuan tentang keselamatan yang dipraktekkan akan membantu anda terhindar dari kecelakaan yang dapat timbul dari kecerobohan anda. Membangun dan mengoperasikan stasiun radio amatir adalah untuk kesenangan atau hiburan, bukan untuk menimbulkan malapetaka bagi penggunanya. Pengguna radio amatir mau tidak mau harus belajar banyak tentang keselamatan, pengetahuan tersebut dapat anda peroleh dari buku-buku ataupun dari internet (banyak tulisan yang mengulas keselamatan stasiun amatir).

    bersambung .............